Jadikan 2 Juta TKI Spionase & Milisi Siap Ganyang Malaysia

Kalau saya SBY, ini perintah saya!

Saya tidak berani ngaku cinta Indonesia kalau tidak bisa menyumbangkan pemikiran-pemikiran strategis atau gagasan-gagasan penuh dobrakan. Masih ingat tulisan saya berjudul “Ganyang Malaysia: Di mana Jenderal-jenderalku?” Tulisan itu juga sudah dikomentari salah satu jenderal pemikir kita Prayitno Ramelan. Kemarin saya juga baca tulisan Jenderal Kiki Syahnarki di Kompas. Tetapi seperti yang sudah saya duga, jawaban-jawaban atau lontaran-lontaran pemikiran mereka masih yang itu-itu saja.

Intinya, terkait konfrontasi dengan Malaysia, para jenderal ini tetap cenderung ‘mengkritisi’ kepemimpinan nasional dan kondisi dalam negeri, menyarankan perbaikan manajemen pemerintahan dan perbaikan alutista, dan sejenisnya. Bagi saya, ini sama sekali bukan pemikiran baru. Dalam kondisi normal, hal-hal tersebut pula yang kemungkinan juga diusahakan oleh pemerintah kita, dengan atau tanpa gembar-gembor.

Pertanyaannya, apakah dalam kondisi kritis konflik seperti sekarang pemikiran-pemikiran seperti itu memadai? Menurut saya tidak sama sekali. Sebab, dengan atau tanpa perbaikan tersebut, Malaysia tetap saja punya kepentingan untuk terus menekan Indonesia. Yang kita butuhkan dalam situasi saat ini adalah terobosan dan lompatan strategi. Ini gagasan saya yang sederhana.

Kabarnya, TKI di Malaysia berjumlah lebih dari 2 juta orang. Mereka ada di berbagai sektor, mulai informal hingga formal, mulai dari kelas pembantu RT dan pekerja kasar sampai ke tingkat dosen dan peneliti. Dan bukan rahasia lagi, para TKI ini memainkan peran dasar yang sangat penting bagi kemajuan ekonomi Malaysia yang jumlah penduduknya hanya 27 juta jiwa. Pertanyaannya, apakah ini potensial buat strategi Indonesia? Jawabannya iya.

Kalau saya jadi SBY, saya tinggal perintahkan Panglima TNI, Kepala BIN, dan Menakertrans untuk berunding menyiapkan strategi jangka pendek, menengah, dan panjang. Strateginya sederhana, ingat saja strategoi klasik Kuda Troya. Caranya, bekali dan jadikan sebagian besar TKI itu sebagai pasukan sipil Indonesia (milisi) di Malaysia, sisanya jadikan sebagai agen intelijen.

Dari 2 juta TKI itu, kalau 1 juta saja bisa menjadi milisi siap tempur sewaktu-waktu dibutuhkan, dan seribuan saja agen intelijen kita di sana, mana ada informasi kekuatan lawan yang bisa ditutupi? Bahkan, dengan satu juta milisi atau sukarelawan perang saja, kemungkinan Malaysia bisa rubuh kekuatannya.

Pertanyaannya, apakah para TKI mau jadi milisi atau intelijen? Ide saya, supaya TKI dapat bekerja dan berjuang dengan tenang di sana, pemerintah harus siap membayar mereka dengan gaji atau santunan layaknya para prajurit TNI atau tenaga intelijen lainnya. Keluarga mereka di Indonesia harus digaji dan disantuni oleh pemerintah. Bukankah enak kerja di sana digaji oleh musuh, sementara di Indonesia keluarganya juga terjamin oleh gaji dari pemerintah. Dobel penghasilannya, dan pasti semangat kerjanya.

Apakah ide saya ini bisa direalisasikan? Bisa sekali. Saya yakin ketiga institusi yang saya singgung di atas punya pemikir-pemikir strategi yang cerdas dan taktis. Dengan atau tanpa gembar-gembor, strategi ini juga bisa dijalankan oleh pemerintah. Sekali lagi, itu kalau saya SBY ya… Dan pasti, kalau strategi ini jalan, tidak barang semenit pun pemerintah Malaysia bisa tidur nyenyak di negerinya sendiri.[tj]

* Baca juga artikel terkait:

1) Proposal 9.

2) “Diplomasi Tahi utk Malaysia”.

3) “Jadkan Kedubes Malaysia Kakus Umum”

4) “Ganyang Malaysia: Di Mana Jenderal-jenderalku?”

This entry was posted in INDONESIA LEADERSHIP. Bookmark the permalink.

4 Responses to Jadikan 2 Juta TKI Spionase & Milisi Siap Ganyang Malaysia

  1. Koyit Prikitiew says:

    Ya,Ganyang malingsia
    Malingsia emang
    a.Fuck
    b.Kaya Babi
    c.Maling
    d.Katro
    e.Kaya PKI

    • ok, bro… lanjutkan dg aksi nyata. berikan dukungan apa saja ke sgala bentuk gerakan semacam ini. paling tidak sebar luaskan beritanya ya…
      maju terus. salam perjuangan! untuk Indonesia tercinta

  2. garuda di dadaku says:

    mungkin para hacker bisa menyampaikan ide bagus ini dengan menyusupkan pesan di situs pemerintah kita yang terkait dengan di atas. diharapkan supaya terbuka matanya…. ada terobosan dari generasi menolak malingsial.

Leave a Reply

