Soekarno, Soeharto, SBY: Siapa Terhebat Menghadapi Malaysia?

Soekarno is the best...

Soekarno, Seoharto, dan SBY memiliki kesempatan sangat bersejarah dalam memimpin Indonesia. Dibanding misalnya Gus Dur, Habibie, dan Megawati, mereka memiliki waktu yang cukup untuk menunjukkan jati diri sebagai pemimpin sejati di negeri ini. Tiga mantan presiden yang disebut terakhir ini tidak memiliki masa pemerintahan yang cukup untuk mengukuhkan peran sejarahnya.

Nah, terkait sikap kepada Malaysia, siapa yang terbaik antara Soekarno, Seoharto, dan SBY? Bagi saya jelas sekali, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Tetapi, tampaknya salah satu di antaranya tampak kuat sekali, salah satu lainnya tampak lemah.

Soekarno, Presiden RI Pertama ini sungguh luar biasa karisma dan wibawanya. Tidak ada yang memungkiri kehebatannya dalam berorasi dan menggerakkan masyarakat. Dan terkait dengan Malaysia, sikapnya amat sangat tegas “GANYANG MALAYSIA!”.

Macan panggung ini saya akui berhasil membangkitkan harga diri bangsa Indonesia ke level puncaknya. Kita menjadi bangsa yang disegani sekalipun dengan segala keterbatasan armada perang dan kekuatan ekonomi waktu itu. Yang pasti, di zaman Soekarno tidak ada satu negara pun berani merendahkan Indonesia.

Soeharto, Presiden RI Kedua berperangi sebaliknya dari Soekarno. Dia tidak suka menunjukkan emosinya kepada publik dan lebih banyak tersenyum untuk rakyatnya. Walau begitu, dia dikenal sebagai pemimpin yang sangat efektif dan presisi. Semua pembantu/menterinya fasih sekali menerjemahkan kebijakannya sehingga tereksekusi dengan baik. Itu sebabnya Seoharto memiliki pemerintahan yang sangat kuat selama 32 tahun.

Terkait dengan Malaysia, Soeharto tetap menunjukkan jati dirinya sebagai pemimpin yang tidak banyak bicara tetapi kebijakannya tegas dan efektif. Pada eranya pula ekonomi Indonesia maju sehingga negeri ini sempat menjadi kiblat dan tempat berguru bagi Malaysia. Dengan kekuatan ekonomi dan efektivitas pemerintahan, serta ketokohannya yang disegani di level Asia, Indonesia juga tidak dipandang sebelah mata oleh Malaysia. Soeharto adalah pemimpin yang kuat dan tegas.

SBY, Presiden RI Keenam ini bukan presiden yang bisa disepelekan kinerjanya. Dia cukup ekspresif, cukup berani menumpahkan perasaan di muka publik, dan bagi orang-orang di sekelilingnya dinilai sebagai pemimpin yang tegas, konsisten, elegan, dan taat hukum. Di bawah pemerintahannya hingga periode kedua ini, Indonesia secara bertahap mulai bangkit dari keterpurukan. Fondasi ekonomi dan demokrasi mulai dikonsolidasikan, dan sesungguhnya ini merupakan bekal dan landasan yang sangat baik untuk memacu kemajuan Indonesia ke depan.

Namun sayang, di bawah kepemimpinan SBY Indonesia justru sangat sering dilecehkan oleh Malaysia. Peristiwa demi peristiwa terus membuat masyarakat gusar dan seperti hilang kesabaran. Dalam ukuran diplomatik, semua sikap dan tindakan pemerintahan SBY terkait dengan provokasi Malaysia jelas dianggap sangat memadai. Tetapi bagi masyarakat, sikap SBY dinilai tidak tegas dan mengecewakan. Tidak pernah ada satu gertakan pun yang membuat Malaysia jera. Demikian juga setiap langkah para pembantu presiden juga seperti tidak ada efek yang cukup untuk menjerakan Malaysia.

Dari pemaparan di atas jelas sekali bagi saya, siapa yang terhebat dan siapa yang bisa menjadi sosok ideal dalam membangkitkan kembali harga diri dan martabat bangsa ini. Secara kebetulan nilainya sesuai dengan urutan gambar di atas, Soekarno 9,5 Soeharto 9,0 SBY 7,0. Bagaimana Anda menilainya?[tj]

Advertisements
This entry was posted in INDONESIA LEADERSHIP. Bookmark the permalink.

13 Responses to Soekarno, Soeharto, SBY: Siapa Terhebat Menghadapi Malaysia?

  1. Mr WordPress says:

    Hi, this is a comment.
    To delete a comment, just log in, and view the posts’ comments, there you will have the option to edit or delete them.

  2. rusman says:

    Menghadapi Malaysia memang perlu perhitungan yang masak, di samping mereka memiliki tingkat ekonomi yang lebih maju juga mereka memiliki pakta pertahanan negara persemakmuran: Inggris, Malaysia, Singapora, Australia dan New Zeland. Ini mungkin salah satu pertimbangan SBY. Tetapi tentu saja kita harus menyerah tanpa tindakan satupun. Terkait hal itu saya setuju dengan heroisme para hacker kita, dengan caranya tersendiri mereka bisa berbuat. Orang-orang kita yang TKI di sana tentu juga salah satu yang bisa dimanfaatkan. Dan yang mungkin belum terpikirkan adalah Pasukan Edukatif yang terdiri dari pelajar dan guru-guru kita. Mereka harus menanamkan kecintaan terhadap negara bangsa melalui berbagai diplomasi di UNESCO, UNICEF dan berbagai organisasi dunia lainnya untuk membuat kesan positif secara global tentang perjuangan kita ! OK ?

  3. rusman says:

    Menghadapi Malaysia memang perlu perhitungan yang masak, di samping mereka memiliki tingkat ekonomi yang lebih maju juga mereka memiliki pakta pertahanan negara persemakmuran: Inggris, Malaysia, Singapora, Australia dan New Zeland. Ini mungkin salah satu pertimbangan SBY. Tetapi tentu saja kita tidak boleh menyerah tanpa tindakan satupun. Terkait hal itu saya setuju dengan heroisme para hacker kita, dengan caranya tersendiri mereka bisa berbuat. Orang-orang kita yang TKI di sana tentu juga salah satu yang bisa dimanfaatkan. Dan yang mungkin belum terpikirkan adalah Pasukan Edukatif yang terdiri dari pelajar dan guru-guru kita. Mereka harus menanamkan kecintaan terhadap negara bangsa melalui berbagai diplomasi di UNESCO, UNICEF dan berbagai organisasi dunia lainnya untuk membuat kesan positif secara global tentang perjuangan kita ! OK ?

    • @ rusman: setuju bro… wl malaysia pya pakta pertahanan dg negara2 maju tersebut, tidak otomatisklo RI perang dg malaysia trus otomatis negara kolega malaysia memerangi kita scr total. tdk segampang itu . mrk masing2 jg pya parlemen, mrk jg perhitungkan dampak ekonominya, mrk jg akan hitung untung ruginya bagi negara mrk sendiri, hitung kepentingan2 ekonomi mrk di indonsia, dn masih byk lagi. jd pakta itu hya alat utk menakut2i sj, ttp pelaksanaannya sgt kompleks. tuk bagian lain, sy setuju.tq

  4. dkbdjo says:

    presiden yang terhebat dalam segala hal adalah jendral besar soeharto

  5. dkbdjo says:

    yg terhebat dalam segala hal adalah soeharto!!!

  6. H#### says:

    mas numpang duplicated content di note fb ya mas, tidak lupa tulis sumbernya kok.

    newbie banget

  7. aku ingin melakukan apa yang di lakukan oleh malysia
    kepada warga negara indosesia

  8. andry says:

    soekarno tetap yang terbaik……..
    merdeka!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!1

  9. RIKY RAMANG says:

    SOEHARTO,SBY NO SOEKARNO YES………!!!!!

  10. Mr. Smile says:

    Soekarno, Soeharto semuanya bagus, tapi best of the bestnya tetep Pak Harto. Salut buat Jenderal Besar Kita..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s